Tuesday, October 08 2013

08/10/2013 16:53

Jadi ceritanya... hari ini tuh hari kedua ulangan tengah semester atau orang pada biasa dibilang "mid semester"

Hari pertama kemaren jadwalnya fisika sama bhasa jawa dan hari kedua ini jadwalnya bahasa indonesia sama agama. Dan disinilah masalah  bermulai...

Guru agama Kristen di sekolahku itu punya kebiasaan kalo kasih soal mid pasti 80% adalah dari ulangan harian sebelumnya.. Maka dari itu, pertemuan terakhir sebelum mid kemaren, kami minta soal agamanya buat dibahas, licik memang ^^ (Sebelumnya buat penjelasan sinngkat aja, disini ngga mungkin aku jelek2in nama orangmakanya aku samarin aja, dikelasku doang ada 4 orang kristen, 2 cewe-termasuk aku- dan 2 cowo-anggap aja "J" sama "E")

Kami pikir, soal ulangan harian agama bakal dibagi hardcopy kayak biasa dan kami bisa foto soalnya buat latihan mid kan, tapi ternyata gurunya tuh engga kasih hardcopy-nya dan malah jelasin pake lcd dalam bentuk word... Jadi kami ngga bisa foto deh karena gurunya cepet banget jelasinnya

Jam pelajaran agama kelasku kan diselipin istirahat pertama, nah, pas istirahat pertama tuh laptopnya di tinggal.. Danmungkin kalian bisa nebak apa yang terjadi.... Aku ngelarang mereka buat copy file soal itu pada awalnya. Pada awalnya. Tapi karena si 'E' yang alim tuh bilang ngga papa jadinya ya udah deh aku biarin buat di copy :'(

Kemudian, file itu kesebar di semua kelas IPA, kelas IPS pada foto sendiri soalnya. Kemudian kami pelajarin deh tuh soal beserta kuncinya... Aku ngga tau ini termasuk kecurangan apa bukan tapi aku dapet soal ulangan harian kemaren juga..

Jujur, itu aja udah bikin aku ngga tenang banget, tapi semua anak Kristen juga pada dapet dan itu soal juga pernah kami kerjain waktu ulangan harian sebelumnya..

 

Nah, hari ini, tadi pagi, aku dapet kabar yang lebih "cetar" lagi, ternyata si 'J' tuh bukan cuma copy soal ulangan harian kemaren tapi juga file soal ulangan mid semester!! Dan kemaren dia bagiin ke anak kristen yang lain.. Banyak yang dari mereka ngga mau lihat tuh soal (syukurlah) tapi ada 2 orang yang ikut2an si 'J' itu dan mereka pelajarin tuh soal... Aku sih ngga peduli pada awalnya, terserah yang jelas aku ngga ikutan titik.

Tapi :'( karena kelas kami dipisah jadi 2 dan kebetulan aku sama J itu absennya atas-bawahan jadi cuma aku doang yang kelas 3 agama kristen yang sekelas sama dia. Di kelas itu tuh ada setengah kelasku dan setengah anak kelas satu dan ada beberapa anak kelas satu yang kristen juga. Si J itu..... dia sebarin soal agama itu ke seisi kelas dan bilang kalo itu soal bocoran!!! BAYANGIN AJA! Aku juga yang kena imbasnya! Aku dibilang ngga luruslah  dibilang curanglah... Dia tuh bukan cuma bikin jelek namanya sendiri tapi juga nama siswa kristen dimata agama lainnya. bikin malu persekutuan siswa kristen, Bikin malu kami, siswa kristen kelas 3 dimata adek kelas kami yang kristen jugaa.... Kami ngga bisa kasih contoh yang baik padahal kami yang nasehatin mereka supaya ngga nyontek.. sedih banget, kecewa, marah, malu %#%$@$#

Aku sedih banget ngga bisa kasih contoh yang baik buat adek kelasku yang kristen itu. Aku merasa gagal aja jadi kakak kelas mereka, gagal aja jadi kakak rohani mereka dan ngga tau harus gimana lagi, semoga Tuhan sendiri yang tegur si J itu, dan semoga adek2 kelasku itu engga seperti kakak kelasnya ini... Maaf ya Tuhan, seandainya aku ngearang waktu mereka pada copy soal itu, semuanya ngga bakal kayak begini.. seandainya aku nasehatin mereka. Aku nyesel banget. Aku harusnya ngelarang mereka lebih keras waktu itu :'(

Tuesday, October 08 2013

No comments found.

New comment