Part 5

01/05/2016 22:58

Ada yang tanya, apa penyebab Lily jadi seperti ini?

Aku juga kurang tahu, apakah itu karena kepribadian Lily, ataukah ibadah di bait, ataukah hal lain yang lain yang versi bait katakan.

Menurut bu ginting, pak ginting dan daniel, awalnya Lily terlalu banyak mendapatkan karunia dari Tuhan.. Karunia bernubuat, mendoakan, berbahasa roh dan penglihatan.. Terlalu banyak sehingga Lily tidak mampu lagi.. kemudian alasan ini berubah menjadi Lily kemasukan roh jahat. Ini dikarenakan roh jahat yang dikirimkan orang medan sana ke sini, dan bisa juga karena persaingan bisnis laundry sehingga diganggu... Pokoknya begitulah..oh, ada lagi. Lily kan merasa diutus oleh Tuhan untuk pindah gereja di miracle service kan, namun seseorang di bait mengatakan bahwa Lily tidak boleh terikat pelayanan I gereja yang baru sehingga hal ini membuatnya tertekan. Hal ini disangkal sama orang bait tersebut.

Menurut pak sembiring : Pengajaran di bait yang tidak benar, ketika Lily ditanya kamu mau apa, Lily menjawab “Ingin mencuri kemuliaan Tuhan” hal ini diakui Lily sendiri pas datang ke rumahku.. dan ini mungkin menjadi penyebab Lily seperti ini.

Menurut bapak dan ibu serta bang bingkas : pengajaran bait yang sesat, yang mendoktrin seseorang sehingga menjad seperti ini. Bait menuntut orang-orrang untuk kudus sehingga lily dituntut untuk kudus. Kenabian yang diajarkan juga tiak sesuai menurut mereka. Intinya, kesalahan orang-orang bait.

Menurut orang-orang bait, hal ini kurang pantas dibicarakan.. Namun menurut mereka, ini dikarenakan Lily menggunakan uang persembahan YR untuk kepentingan pribadi. Lily menggunakan uang persembahan 500 ribu untuk membeli baju niel (yang dibakarnya kemarin), baju pak ginting dan jam tangan untuk hadiah ulang tahun pak ginting. Uang persembahan yang dipegang oleh Niel ini tiba-tiba diminta kak Nico untuk diambil. Disinilah Lily kebingungan sehingga menyebabkan Lily tertekan. Hal ini dibenarkan oleh bu ginting bahwa Lily menggunakan uang persembahan namun kenyataannya sudah dikembalikan oleh Lily dengan Lily menjual kalung emasnya. Kemudian orang-orang bait mengatakan hal ini karena permasalahan dengan orangtua dan mantannya. Hubungan dengan orrnagtua dan pak Ginting yag menampar Lily.. Lily yang sudah tidak kudus bersama pacarnya juga membuat Lilu stress. BOHONG besar! Lily dah putus sejak februari  tahun lalu tapi stress nya baru sekarang tuh maksudnya apa ya? Emang kayak operator Indos** yang suka delay.. Emang kayak gebetan kalian yang suka PHP? Wkwkwk

Yah, versiku? Sebagai penonton, aku melihat banyak hal mengenai Lily beberapa tahun ini. Lily adalah seseorang yang haus akan firman Tuhan. Bagus. Dia memiliki kerinduan yang besar untuk mengenal Tuhan. Lily juga senang untuk diperhatikan dan tidak suka kalah dari orang lain  Terlebih lagi setelah Lily di diagnose tentang tumor tiroid yang dideritanya. Kerinduan akan firman Tuhan semakin bertambah. Sayangnya, hal ini tidak bisa dia dapatkan di gereja PIBI ini. Iya, ini gereja yang kecil dan sedikit orang yang memiliki komitmen untuk sunggug-sungguh melayani.. Akhirnya, Lily datang ke bait. Melihat Lily selama ini, aku tahu bahwa Lily adalah seseorang yang mudah percaya dan tepengaruh. Lily mudah terpengaruh oleh nasihat-nasihatku makanya aku bisa mengatakan hal ini. Pengajaran di bait memang ekstrim. Contohnya saja, kali pertama aku kesana, seorang pengkhotbah mengatakan bahwa “salah satu bukti bahwa kalian sudah benar-benar di babtis adalah berbahasa Roh”. Hal ini melekat kuat di ingatanku dan menyebabkan aku berhenti beribadah disana. Namun Lily, dia menerimanya dengan sungguh-sungguh. Aku berhenti dan Lily terus menerus kesana. Sebulan sekali, seminggu sekali, dan menjadi hamper setiap hari. Lily sering atang kerumahku dan dengan bersemangat menceritakan hal-hal yang dialaminya disesuaikan dengan firman yang dia apatkan di bait. Pradugaku, -maaf kalo sok-sok-an- Lily ngga mau kalah dalam hal kerohanian dibandingkan aku. Mungkin disini aku merasa muncul kesombongan rohani dalam diri Lily. Terbukti saat Lily mengatakan

“dulu aku lihat kamu (Rizky) itu kerohaniannya tuh bagus, tapi sekarang tuh beda..” atau “Kamu (rizky) tuh mengetahui firman Tuhan tapi mengetahui aja, engga mengalami Yesus, bedalah”

aku kurang paham apa yang dimaksudkannya sih. Jujur aja, aku memang bukan yang rohani-rohani banget. Kadang juga ngga berdoa kalo capek, Saat teduh juga sering bolong, begitu….

Hal-hal lain yang Lily dapatkan adalah mengenai kenabian. Lily menganggap kak Yeremia S itu adalah seseorang nabi/seseorang yang diberi karunia kenabian. Sungguh setiap perkataan kak Yere ini sangat di-amin-I Lily. Aku mulai merasa aneh mengenai hal ini.

Kemudian Lily merasa dia mulai mendapatkan karunia-karunia dari Tuhan. Pertama karunia penglihatan.. Dia bisa melihat roh jahat tersebut terkadang dalam mimpinya… Hmm.. agak serem ni ceritanya.. tapi ada yang lucu, Lily bilang begini “kayak Pak Philip M itu loh ky, permasalahan kayak sakit hati dll tuh dah bukan jamannya lagi, sekarang tuh udha jamannya peprangan rohani, tuh baru mantab” Well, untuk kalian-kalian yang juga berpaham begini, saya kasih pencerahan sedikit ya dari saya yang hanya sedikit mengetahui firman Tuhan ini. Begini saja, orang yang berperang itu hanyalah untuk orang-orang yang belum merdeka saja. Kalau sudah merdeka, ngapain berperang? Kalo masih aja berperang berarti kematian dan kebangkitan Tuhan Yesus tuh sia-sia dong? Berarti Tuhan tuh belum merdeka dong? Hei, kita tuh udah mati bersama kematian Tuhan Yesus dan udah merdeka juga bersama kebangkitan Tuhan Yesus. Tuhan tuh ngga butuh kita bela Dia, Tuhan tuh Cuma mau kita percaya sob..

Mengenai penglihatan-penglihatan Lily ini, aku merasa ini gejala awal seseorang terganggu mentalnya, yaitu halusinasi. Lily juga mulai ekstrim. Dia membenci semua hal mengenai minion dan hello kitty.. Bakar semuanya.. begitu.. dan banyak hal lain dari Lily.. Ada beberapa hari sebelum Paskah, aku membawa Lily ke kampusku. Sehari setelahnya, Lily mengatakan ke aku bahwa ada seorang cewek di gedungku dulu yang membutuhkan bantuan –cewek ini dah dalam bentuhk roh katanya- dan minta didoakan.. Duh,serem ngga sih, mana aku ke kampus tiap hari lagi. Makanya dengan tegas aku bilang ke Lily “Ly, ngga ada yang begituan. Mana ada kita doain orang mati. Ngga ada itu” kira-kira begitulah kata-kataku tapi lebih kasar dan Lily langsung diam. Lama-lama kayak “orang pintar” pikirku. Lily juga mendapatkan penglihatan saat tahun baru dia bermimpi bahwa ia berjalan tanpa alas kaki dan memberitakan firman Tuhan ke jalanan. Mungkin, ini salah satu pemicunya dimana kemarin Lily berlarian pagi-pagi ke jalan rumah pak sembiring sambil membawa alkitab tanpa pakai alas kaki.

Aku selalu berpendapat bahwa yang terbesar adalah Kasih. Iman, pengharapan dan kasih, dan yang terbesar diantaranya adalah kasih. Ya, kasih itu terpenting menurutku dalam Kristen. Buat yang non-kristen yang baca ini, maksudku bukan cinta-cintaan kayak cewek-cowok loh ya. Tapi kasih seperti agape gitu. Tapi aku melihat sekilas bahwa Bait tidak mengajarkan hal itu, yang mereka ajarkan adalah doktrin. Kristem bukan tentang doktrin, tapi tentang Kasih. Sedekat apapun kamu sama Tuhan, kalo kamu masih cuek dengan orang di sekitar kamu dan masih ngomongin orang dibelakang dan memendam benci/rasa tak suka dengna orang lain juga kesombongan, maka semuanya sia-sia. Bahkan di Alkitab dibilang

“Sekalipun aku mempunyai karunia untuk bernubuat dan aku mengetahui segala rahasia dan aku memiliki seluruh pengetahuan; dan sekalipun aku memiliki iman yang sempurna untuk memindahkan gunung, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama sekali tidak berguna” 1 korintus 13:2

Baca aja 1 Korintus 13, yuk dibuka Alkitabnyaaaa