Bio

01/11/2013 10:30

Nama lengkap    : David James Archuleta (berarti besok namaku Rizky James Archuleta#hahaha)

Nama panggilan : Archie

TTL                   : Miami, Florida, Amerika Serikat, 28 Desember 1990 (Beda 4 tahun 10 bulan 13 hari)

Nama Ayah        : Jeff Archuleta

Nama Ibu           : Lupe Marie Archuleta

Saudaranya        : Claudia Archuleta,Daniel Archuleta, Jazzy Archuleta, Amber Archuleta

Alamat               : Murray, Utah

Kompetisi            : star search(juara kat. anak-anak), american idol 2008 season 7(runner up)

Warna mata        : Hazel (?)

Tinggi badan       : 173 (Pas banget! Aku 147 :D )

Hewan peliharaan: Ikan sama Anjing (Aku juga pelihara ikan sama anjing :') )

 

David harus belajar selama tiga jam setiap hari selama mengikuti American Idol, berdasarkan video blog terbaru diketahui bahwa David Archuleta mendaftarkan diri di e-school. Sedangakan untuk menjalani tahun teakhirnya di SMA, David memilih home-schooling sebagai alternatif.

David ialah seorang kidal

David memiliki seekor ikan emas bernama Conditioner dan anjing bernama Teddy

Warna favorit David ialah jingga dan kuning, tetapi ia juga menyukai warna hijau muda.

Diberitakan bahwa David akan memperoleh sedikitnya $100,000.00 selama Idol Tour 2008

David memperoleh nilai A dalam semua pelajarannya, tetapi karena mengikuti American Idol ia memperoleh nilai B dalam salah satu pelajaran.

David merupakan siswa yang sangat cerdas karena point GPA 4.0 (Kayak IP)

Selain menjadi penyanyi cita-cita David ialah menjadi Dokter THT

Impian David berikutnya ialah menyanyi di perhelatan Olimpiade

Saat minggu ALW, semua kontestan American Idol mengalami kejadian lupa lirik.

David sangat menyukai film-film yang diproduksi oleh Pixar dan film favoritnya ialah Finding Nemmo

David Archuleta menjadi kontestan yang mendapat jumlah suara terbanyak ketiga dalam sejarah final American Idol dengan 44 juta suara, hanya kalah oleh Jordin Sparks diposisi kedua dengan 45 juta suara dan David Cook dgn 56 juta suara.

David Archuleta menjadi runner-up kedua yang belum pernah ada diposisi dua atau tiga terbawah sepanjang kompetisi.

David Archuleta lahir di Miami Florida. Ayahnya, Jeff Archuleta adalah seorang pemusik jazz, sedangkan ibunya, Lupe Marie Archuleta ialah seorang penyanyi dan penari yang berasal dari Honduras. Pada usia enam tahun ia dan keluarganya berpindah ke Salt Lake Valley, Sandy, Utah. Sekarang ia dan keluarganya tinggal di Murray, Utah. David Archuleta memiliki empat saudara, Claudia , Daniel , Jazzy  dan Amber . David Archuleta masih tercatat sebagai murid Murray High School.
David Archuleta dibesarkan di keluarga yang mencintai musik. Pada usia enam tahun Ia mulai bernyanyi setelah menonton video Les Miserables. Ia tidak dapat berhenti menyanyikan lagu-lagu Les Miserables setelah menonton video tersebut, saat itulah ayahnya, Jeff, mengetahui bahwa anaknya memiliki bakat alami sebagai penyanyi.
Pada usia sepuluh tahun, David menyanyi untuk pertama kalinya dihadapan publik. Ia mengikuti kompetisi menyanyi Utah dan menyanyikan lagu Dolly Parton yang berjudul “ I Will Always Love You “, Ia memperoleh sambutan yang sangat meriah dari penduduk Utah yang menontonnya dan menjuarai kategori anak-anak. Di usia sebelas tahun ia memulai debutnya di televisi pada Jenny Jones Shows dalam episode future latino stars dengan menyanyikan lagu “ And I telling You I’m Not Going”
David Archuleta pernah mengalami kerusakan pita suara akibat penyakit bronkhitis yang menyerangnya setelah ia mengikuti Star Search. Salah satu pita suaranya lumpuh, yang mengakibatnya ia terdengar seperti kesulitan bernapas apabila bernyanyi ataupun berbicara. David pernah ditawari untuk melakukan operasi, tetapi operasi tesebut terlalu beresiko sehingga David memutuskan tidak akan melakukan operasi. Kini Ia merasa bahwa ia telah sembuh total dari penyakitnya